3/17/2018

Kenapa Speaker Bisa Mengeluarkan Suara ?

Daftar Populer - Bang kenapa speaker bisa mengeraskan suara? sudah kuduga. Pernahkah kalian memperhatikan, Pernahkah terbersit di otak kalian Bagaimana mungkin sebuah benda mati menghasilkan suara bahkan Suaranya sangat merdu, Nah ada rahasia apakah yang tersembunyi dalam speaker ini?.
Kenapa Speaker Bisa Mengeluarkan Suara


Oke sip, box speaker atau lebih sering disebut dengan speaker adalah transduser yang dapat mengubah sinyal listrik menjadi frekuensi audio atau sinyal suara, suara ini dapat didengar oleh telinga manusia dengan cara menggetarkan komponen membran pada speaker tersebut, sehingga terjadilah gelombang suara, speaker anda akan bergetar saat berbunyi, Apakah ini yang dinamakan cinta?

Pada gambar ini dapat kita lihat bahwa pada dasarnya speaker terdiri dari beberapa komponen utama yaitu con suspension magnet permanen, voice coil dan juga kerangka speaker.

Kenapa Speaker Bisa Mengeluarkan Suara


Pertama dalam menterjemahkan sinyal listrik menjadi suara yang dapat didengar, komponen elektromagnetik yang terdiri dari kumparan yang disebut dengan voice coil berfungsi untuk membangkitkan medan magnet yang berinteraksi dengan magnet permanen, sehingga menggerakkan bass speaker maju mundur.

Voice coil adalah bagian yang bergerak sedangkan magnet permanen adalah bagian speaker yang tetap pada posisinya, sinyal listrik yang melewati voice coil akan menyebabkan arah medan magnet berubah secara cepat sehingga terjadi gerakan tarik dan tolak.

Kenapa Speaker Bisa Mengeluarkan Suara

Nah gerakan ini sangat cepat, tarik dan tolak antara magnet permanen dengan voice coil, dengan demikian terjadilah Getaran yang maju mundur pada constituer.

komponen utama speaker yang bergerak pada prinsipnya adalah suspension, pada prinsipnya semakin besarnya suspension maka semakin besar pula permukaan yang dapat menggerakkan udara, sehingga suara yang dihasilkan speaker juga akan semakin besar, kalian yang sering nonton konser di acara pengantin, kalian jangan cuma perhatikan yang nyanyi tapi coba perhatikan  yang besar itu, orangnya bergetar-getar dan rasanya ada radiasi yang menghantarkan getaran ke telinga kita, dan biasanya akan akan berbisik di telinga kita "kelakuan Si Kucing Garong, selalu mencari sasaran".

Kenapa Speaker Bisa Mengeluarkan Suara


Yang terdapat dalam speaker berfungsi untuk menarik ruang ke posisi semula nya Setelah bergerak maju mundur suspension juga berfungsi sebagai pemegang pohon dan voice coil sangat mempengaruhi kualitas suara speaker sendiri

Jadi cara kerja Speaker itu merupakan sebuah rangkaian yang terdiri dari beberapa komponen utama yang tidak dapat dipisahkan, bayangkan betapa cerdasnya manusia yang menciptakan speaker ini, kedengarannya agak rumit tapi mau tidak mau di jaman now Ini speaker sudah ada di berbagai alat-alat anda, di HP anda ada speakernya, di laptop ada speakernya, di TV ada speakernya, Di reskuker ada speakernya bahkan di speaker Anda ada speakernya.
Dengan penjelasan singkat ini anda bisa sedikit lebih mensyukuri nikmat speaker yang anda miliki.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments: