3/31/2018

Kenapa Air Bisa Membeku ?


Pandakeren - Halo pemirsah, selamat malam dan selamat bermojok di malam minggu, kenapa air bisa dingin kalau ditaruh di lemari es dan kenapa dia bisa membeku dan mengeras seperti batu ? dimana ada sebuah pembaca mengemail saya dengan pertanyaan seperti berikut.

mengapa air bisa membeku ?
sumber : drive D:


"Bang, kenapa air itu bisa beku waktu kita masukin ke dalam kulkas ?" 

Dipikiran saya sendiri, selain dingin, kenapa air itu bisa membeku ? baiklah saya akan berusaha menjawabnya, air itu sifanya cari dan mengalir, namun rahasia apa yang membuat dia mengeras seperti batu ? masih menjadi misteri, apakah ini ulah dari elite global? atau kah ini sebuah misi rahasia dari illuminati ?

gambar perubahan wujud cair menjadi padat
sumber : sekolahmaya.com


Sebenarnya ini adalah pertanyaan sehari hari yang membuat sedikit rumit, karena rumit, sebelum anda melanjutkan artikel ini, setidaknya anda harus sudah duduk dulu di bangku SMA.

Air bisa menjadi es dikarenakan terjadinya penurunan energi kinetik di dalam molekul air, proses pendinginan menyebabkan molekul-molekul air kehilangan panas, hawa dingin datang dan hawa panas pergi, hawa panas ini hilang dari sistem air, dan karena hawa panas hilang, menyebabkan energi kinetik dalam air yang disebut ikatan hidrogen, hidrogen air melambat, mengakibatkan ikatan hidrogen akan semakin kuat, singkatnya mereka menjadi es dan pada endingnya, air itu bisa menjadi es dikarenakan adanya ikatan hidrogen yang kuat pada air. paham ?

Baca juga : Berapakah kapasitas manusia untuk di tampung bumi ?

Namun bagi kamu yang belum duduk di SMA jangan berkecil hati, karena mungkin anda bisa mendaftar ke jenjang pendidikan SMA, karena belajar tidak mengenal waktu.



Pelajaran berharga dari artikel saya ini adalah : makanya kalau sekolah jangan suka bolos main PS.!

Jangan Lewatkan : Bisakah kita membangun kota besar di bawah tanah ?

Previous Post
Next Post

post written by: