4/11/2018

Fakta Unik Tentang Hewan Cicak

Hewan cicak atau fauna yang masuk dalam famili Gekkonidae ialah hewan reptil yang memiliki keterampilan untuk meregenerasi anggota tubuhnya lebih cepat saat terpotong. Berikut ialah fakta unik tentang cicak yang dapat Anda pelajari.

Fakta Unik Tentang Hewan Cicak

1. Hewan yang satu ini dapat tumbuh sampai ukuran 10cm dengan warna abu-abu atau coklat kehitaman. Jika terdapat yang berwarna putih, urusan itu umumnya terjadi sebab pantulan sinar matahari.

2. Hewan yang satu ini memiliki sejumlah jenis yang tidak sedikit dijumpai didalam lokasi tinggal atau bangunan yang ditinggali manusia.

a. Cosymbotus platyurus. Cicak yang satu ini tidak jarang ditemukan menempel di tembok lokasi tinggal dan mempunyai tubuh pipih dan berekor lebar. Jika disentuh, kulit bakal terasa lebih berlendir dan terdapat jumbai halus di unsur ekor. Ciri beda yang memisahkan jenis yang satu ini dibanding jenis lain ialah lipatan kulit di sisi perut dan belakang kaki.

b. Hemidactylus frenatus. Cicak yang satu ini mempunyai tubuh yang berukuran lebih kecil dari jenis cicak tembok dan yang memisahkan keduanya ialah pada cicak kayu ada enam deret tonjolan kulit yang memanjang dari pangkal sampai ujung ekor. Di samping itu, warna fauna jenis ini lebih gelap dibanding cicak yang menempel di tembok.

c. Gehyra mulilata. Hewan yang satu ini lebih kecil dibanding dua spesies diatas dengan format kepala membulat dan warna kulit transparan. Hewan yang satu ini dirasakan sebagai pembawa sumber penyakit saat masuk kedalam butir nasi atau gula yang terdapat dalam rumah.

d. Cyrtodactylus marmoratus. Hewan yang satu in ukuran tubuhnya nyaris sama dengan cicak gula dan ditemukan di lokasi rumah.

3. Hewan yang satu ini tergolong insectivora, sebab makanan utamanya ialah serangga.

4. Hewan yang satu ini mempunyai pengikat lengket yang akan bobrok secara perlahan saat arah geraknya berkebalikan dari arah yang seharusnya. Di samping itu, fauna ini mempunyai kaki perekat yang dapat menentang gravitasi.

5. Hewan yang satu ini akan menerbitkan kotoran dalam format padat dan berbau menyengat. Hal tersebut sebab cicak termasuk fauna yang mengubah terlebih dahulu kotoran yang akan dilemparkan hingga 4-5 kali. Setelah diolah, ada ekstra sisa urin (garam amoniak) yang menciptakan kotoran kian padat dan berbau ketika dikeluarkan dari kloaka.

6. Pada saat fauna ini sudah mengerjakan regenerasi tubuh yang terpotong atau Autotomi, fauna ini akan susah dalam menyusun tubuh sama laksana semula sebab ketidaksempurnan sel yang ada.

7. Hewan yang satu ini mengindikasikan penurunan kinerja organ vital saat lama disentuh dan guna manusia, lazimnya cicak bakal terlihat melemah atau lunglai ketika lama disentuh.

8. Meski terkesan menjijikkan, di sejumlah daerah tertentu fauna yang satu ini dipakai untuk menciptakan obat asma atau gangguan paru-paru, dimana spesies yang tidak jarang digunakan ialah cicak tembok atau cicak gula.

9. Hewan yang satu ini termasuk fauna yang mempunyai tulang belakang, melulu saja ketika Anda menyentuhnya, tulang belakang yang ada bakal terasa lunak.

10. Hewan yang satu ini termasuk fauna nokturnal karena nyaris sebagian besar aktivitasnya dilaksanakan di malam hari. Hal ini pastinya juga bersangkutan dengan indera penglihatannya yang tidak terlampau bagus ketika siang hari.

11. Dalam masa reproduksi, fauna jantan bakal terlihat berlari cepat memburu betina, kemudian fauna jantan bakal menempelkan tubuhnya diatas fauna betina untuk mengerjakan pembuahan.

12. Hewan yang satu ini mempunyai ukuran mata yang paling besar dan suara yang didapatkan juga lumayan nyaring untuk sekian banyak  tujuan.

13. Selaput yang dipunyai oleh cicak memungkinkan fauna ini guna berenang dan bertahan hidup lumayan lama ketika terbawa oleh air.

14. Manifestasi terhadap fauna yang satu ini bertolak belakang untuk sejumlah kepercayaan, sebagai misal dalam keyakinan agama Hindu, cicak dirasakan sebagai pengejawantahan dewi pelindung artikel dan bicara. Sedangkan menurut keyakinan agama Islam, fauna yang satu ini dirasakan sebagai hewan riskan karena kotoran yang dihasilkannya dapat memunculkan penyakit. Hal tersebut pun membuat cicak termasuk fauna yang boleh dibunuh guna keselamatan
Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments: